Tuesday 24 August 2010

.::the 'amburadulz' job interview...'

Beberapa waktu yang lalu, gua secara 'terpaksa' mengirimkan CV & portfolio ke satu perusahaan, sebutlah ini PT. Y. Kenapa terpaksa? Karena temen gua maksa minta CV ma portfolio gua. Dia minta SECEPATNYA. Sebenernya gua belom kepengen kerja, secara gua masih pengen leha-leha, dan ini liburan trakhir yang bisa gua nikmati sebelum terjun ke dunia kerja yang kejam tanpa banyak libur. Jadi, biar temen gua ini diem, gua kasih aja CV, secara portfoilo gua belom beres. Eh, masih merongrong juga nih anak. Gua kasih aja portfolio yang lama. Tapi susah dikirim karena portfolio ini gede ukurannya (secara ya gambar semua). Dia ngotot minta portfolio cepet sampe mau dateng kerumah gua. Yawda, gua bela2in kirim lewat email, gua kompres tuh data sampe tinggal 2MB. Selain itu gua juga kurang tertarik karena job descnya ga jelas dan kayaknya ga sesuai sama keinginan gua.

Selesai nih, ga taunya gua dapet panggilan test kepribadian n interview. Padahal gua uda berdoa supaya gua ga dipanggil. Yawdalah, ga sopan menolak rejeki yang datang, gua dateng aja. Gua pikir test kepribadian pasti nanyanya cuman soal sikap, sifat dan kondisi emosional. Ternayat, di tes itu ada lembar terakhir yang tidak terduga isinya.

1. Deskripsikan diri anda dalam 150 kata di kotak dibawah ini.

2. Buatlah sebuah gambar yang mengandung unsur-unsur berikut ini:
Pohon, Sungai, Jembatan, Gunung, Matahari, Rumah, Ular, & Manusia (beri nama)

Weleh-weleh, gua tiba-tiba disuruh ngarang sih jujur aja ga tau mau nulis apaan. Yawdalah, gua tulis apa aja yang ada di otak gua, yang penting jujur kan? Jadi begini isi jawaban gua:

"Saya adalah orang yang biasa-biasa saja dalam segala hal. Hal yang paling saya nikmati dalam hidup ini adalah makan. Saya suka mencoba berbagai macam makanan kecuali organ seperti hati, ginjal, jantung, ampla, dan juga ubur-ubur dan kerang. Saya paling senang mencoba berbagai macam nasi goreng.

Saya adalah orang yang keras kepala baik secara denotasi maupun konotasi. Karena selain tabiat saya yang keras, kepala saya benar-benar keras sehingga ibu saya pendarahan ketika melahirkan saya. Karena itulah saya tumbuh menjadi anak yang berbakti pada orang tua."


Nah gua uda cukup mess up disini. Gapapa deh, gua juga ga tetarik buat kertrima, as I mentioned above.

Buat gambar, gua bikinnya begini deskripsinya:
1. Pohonnya pohon kelapa.
2. Sungai mengalir sepeti biasa.
3. Jembatan kayu.
4. Gunungnya 3, 2 gunung salju n 1 gunung meletus.
5. Matahari bentuknya spiral n ada garis-garis cahaya.
6. Rumah yang dibikin dari jerami.
7. Ularnya gua sate.
8. Manusia purba kelaparan yang lagi nunggu sate ular matang di samping api unggun.

There, I mess up a lot. Dan gua sangat yakin kalo gua ga bakalan ketrima di kantor ini.

Tiba-tiba, ada telepon... Panggilan interview kedua... dari the boss himself. Gua herannya kok bisa ketrima dengan kondisi jawaban gua yang amburadul kayak gitu...

Jeng jeng...

Hari interview...

Gua udah bersiap-siap, interviewnya jam 1 dan karena deket dari rumah gua baru mau berangkat jam setengah 1. Abis pamitan ma nyokap, nyokap bilang begini:

"Mama lupa, mama baru aja suruh sopir anter makanan ke rumah A Ma! Kamu bilang aja ke boss ketemunya didelay 1 jam."

Mom, are you crazy? Nge Delay pertemuan sama bos itu benar-benar ga profesional! Karena bete, gua mau nyari taxi, tapi taxi baru dateng biasanya setengah jam, mana sempet!! Yawda gua lirik ada motor tukang yang lagi diparkir dan mbak gua juga memaparkan sebuah ide brilian. "Ngojek aja ma tukang." Oke deh! You know what, seumur-umur gua ga pernah yang namanya naik motor dan gua cukup takut sama sepeda karena gua pernah jatoh PLUS my parent doest allow me to ngojek, tapi apa boleh buat ya, aye sudah kepepet. Jadi sambil harap-harap cemas nyokap gua tau, berangkatlah gua sama si tukang. Akhirnya, jam 1 lewat dikit gua nyampe ke kantor.

Tukangnya gua suruh pulang aja, tapi begitu gua mau masuk... Jreng! Dikonci! Kantornya kosong!! O My God!! Yawda gua nunggu untuk beberapa saat disana. Tiba-tiba ada bapak-bapak turun dari mobil, tepat didepan kantor ini. Pake kemeja, tapi celana pendek n sendal. Gua mikir, apakah ini si bos? Tapi bagaimana mungkjin dia mau interview orang cuman pake celana pendek? Ya sudalah, not my business seorang bos mau pake baju apa juga itu kan bos. Akhirnya setelah menunggu beberapa lama, bapak ini sadar kalo gua menuju kantor yang sama, terus brief chatting... Akhirnya pintu dibuka juga, turns out, bapak ini adalah bapaknya si boss yang sudah pensiun.

Akhirnya setelah menunggu beberapa lama, si boss dateng juga dan interview pun dimulai. Tadinya pas interview pertama, gua dibilang bakalan kerja sebagai designer buat 4 perusahaan, and then begitu gua baca job desknya... gua 1 orang bakalan kerjain kebutuhan desain buat 8 perusahaan. saat itu gua mendengar suara peitr di kepala gua... Dan ternyata diluar sana benar-benar ada petir, disusul dengan hujan... begitu juga perasaan gua...

Hiks...

Akhirnya gua bilang sama si bos, biar gua pikir-pikir dulu. >.>;;

Sekian kisah interview gua yang amburadul. But anyways, akhirnya gua merasakan rasanya naik motor. Itu yang penting. XD

No comments: